Jangan Ketinggalan:
Home : Artikel : Umum Tentang Kucing : Beginilah Kucing Melihat Dunia
Kucing Melihat Dunia

Beginilah Kucing Melihat Dunia

Tidak ada yang pernah berbicara tentang bagaimana dunia terlihat jika Anda adalah seekor kucing. Sebaliknya, kita berbicara tentang pemandangan luas seperti penglihatan seekor burung dan menggunakan lensa fish-eye untuk membuat benda terlihat aneh.

Tapi kita jarang memikirkan bagaimana subyek favorit di internet (dalam hal ini adalah kucing) yang melihat dunia. Untungnya, seorang artis, Nickolay Lamm, seperti yang dilansir wired.com (16-10-13) dengan sukarela mencoba mempresentasikan dirinya sebagai seekor kucing dan bagaimana dunia dilihat oleh seekor kucing. Di sini, Lamm menyajikan idenya dengan beberapa pemandangan dilihat dari sudut pandang jika Anda adalah seekor kucing, dengan mempertimbangkan masukan dari para ahli dokter hewan dan dokter mata.

Untuk memulainya, perlu diketahui bahwa jangkauan pandangan kucing lebih lebar daripada manusia, kucing bisa mencakup jangkauan pandangan selebar 200 derajat, bukan 180 derajat, dan ketajaman visual mereka tidak terlalu baik. Jadi apa yang dilihat manusia begitu tajam dalam jarak 100-200 kaki akan terlihat kabur bagi kucing, yang hanya bisa melihat benda-benda dengan baik dalam jarak 20 kaki. Terdengar tidak begitu bagus bukan?, tetapi jangan khawatir ada penggantinya. Karena berbagai photoreceptor terdapat di retina mata kucing, mereka dapat dengan mudahnya melihat dengan kondisi cahaya yang redup.

Bukan sel pemahaman warna, tetapi sel kerucut pemahaman detil yang mengisi pusat retina mata manusia, kucing (dan juga anjing) memiliki lebih banyak sel-sel batang, yang begitu unggul dalam kondisi cahaya yang redup, sel-sel inilah yang memiliki kemampuan untuk melihat pada malam hari. Sel-sel batang juga lebih cepat memperbarui informasi yang diterimanya, di mana kucing dapat menangkap gerakan lebih cepat, contohnya kecepatan untuk melihat dan menangkap pergerakan arah titik laser.

Yang terakhir perlu diketahui, kucing melihat warna dengan cara berbeda dari kita, inilah mengapa sebabnya pada gambar-gambar versi penglihatan kucing di sini terlihat sangat kurang membuat bersemangat, menyedihkan untuk kita. Para ilmuwan terbiasa berpikir bahwa kucing hanya bisa melihat 2 buah warna, tetapi sebenarnya tidak. Feline photoreceptor kebanyakan sensitif dengan panjang gelombang rentang warna biru-ungu dan kuning kehijauan, sepertinya mereka bisa melihat sedikit warna hijau dengan baik. Dengan kata lain, kucing buta warna merah-hijau, sama seperti kita, dengan sedikit kemampuan melihat sedikit warna hijau.

Semua Foto adalah hasil karya Nickolay Lamm, setelah berkonsultasi dengan Kerry L. Ketring, DVM, DACVO All Animal Eye Clinic, Dr. DJ Haeussler The Animal Eye Institute, dan kelompok Ophthalmology di Penn Vet.

 

Pin It on Pinterest

Share This