Jangan Ketinggalan:
Home : Artikel : Ras Kucing : Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian adalah salah ras kucing yang paling populer di Amerika Serikat. Kucing Abyssinian merupakan salah satu ras kucing tertua dunia yang pernah diketahui. Bentuk kucing Abyssinian menyerupai patung-patung maupun lukisan-lukisan yang berasal dari jaman Mesir kuno. Bangsa Mesir banyak mendirikan kuil khusus untuk menghormati / memuja kucing Abyssinian, pada saat itu ada pelarangan untuk memperdagangkan jenis kucing ini di Mesir. Mumi kucing Abyssinian banyak ditemukan pada makam-makam bangsa Mesir kuno. Pada saat bangsa Romawi menguasai Mesir, kucing Abyssinian ini dibawa ke Inggris untuk melindungi ladang-ladang gandum dari serangan tikus. Saat ini harga kucing jenis ini termasuk mahal, berkisar antara USD 700 –  USD 1500.

Asal

Ada banyak orang mengatakan bahwa kucing Abyssinian berasal dari Ethiopia, sebuah negara di benua Afrika, walau masih belum ditemukan bukti-bukti yang valid untuk mendukungnya. Ada yang mengatakan bahwa kucing Abyssinian berasal dari Mesir, dan pada tahun 1868 dibawa ke Alexandria oleh bangsa Inggris, mungkin saja teori ini benar adanya berdasarkan fakta-fakta banyaknya artefak-artefak pada jaman Mesir kuno yang menggambarkan kucing Abyssinian ini.

Sejarah

Kata Abyssinian berasal dari bahasa Ethiopia. Pada tahun 1871 jenis kucing Abyssinian ini pertama kali mengikuti kontes kucing di Inggris. Kucing Abyssinian pernah dilaporkan diimpor dari negara Ethiopia setelah ditangkap pada akhir perang Abyssinian. Para ahli genetik yang melakukan penelitian terakhir telah mengungkapkan bahwa, Abyssinian berasal dari pesisir laut India (Samudera Hindia), di pantai Mesir dan sebagian di Asia Tenggara.abyssinian01

Kucing Abyssinian yang paling awal dikenal berada di sebuah Museum Zoologi Leiden di Belanda, yang mengatakan bahwa pada sekitar tahun 1834-1937, Abyssinian pernah dibeli oleh pedagang kucing liar di India. Ras kucing Abyssinian dimurnikan di Inggris, dengan kemungkinan besar kolonisasi ras kucing Abyssinian merupakan akibat para pedagang Inggris yang singgah di Calcutta dan membeli kucing tersebut. Pada sekitar tahun 1900, Abyssinian pertama kali diimpor ke Amerika Utara. Kemudian, sekitar tahun 1930, Abyssinian dengan kualitas baik diimpor lagi ke wilayah tersebut.

Karakteristik

  • Kucing Abyssinian memiliki telinga dan moncong yang runcing, sehingga kepalanya berbentuk seperti segitiga.
  • Matanya berbentuk seperti kacang almond, bulu kepalanya memiliki warna cenderung lebih hitam, dan moncong berwarna putih.
  • Kucing Abyssinian memiliki badan yang berotot dan panjang dengan tangan dan kaki yang panjang serta ramping.
  • Rata-rata, Kucing Abyssinian memiliki ekor yang panjang dan runcing.
  • Kucing Abyssinian memiliki warna bulu yang unik dan menjadi ciri khususnya, yaitu warna kecoklatan. Kucing Abyssinian memiliki bulu halus di atas dengan warna dasarnya kehitam-hitaman, sehingga mirip dengan warna kucing gurun. Bulunya akan terasa halus dan lembut pada saat di sentuh.
  • Ciri khas pola warna bulu Abyssinian adalah ticked agouti, yaitu berbintik-bintik.

Kepribadian

Kucing Abyssinian merupakan kucing yang sangat cerdas, pendiam, senang berada disekitar manusia, dan selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan oleh pemiliknya. Kucing Abyssinian akan senang jika selalu diperhatikan oleh pemiliknya, sehingga terkadang kucing Abyssinian akan mengeluarkan suara meongan yang manja. Kucing Abyssinian juga sangat setia pada pemiliknya. Selain itu, kucing Abyssinian juga termasuk kucing yang penurut, tidak senang merusak barang, mudah dilatih, dan tingkah lakunya selalu membuat pemiliknya terhibur dan tertawa.

Isu Kesehatan

Kucing Abyssinian memiliki sedikit masalah penyakit, seperti sakit pada gusi, dengan gejala mulutnya menjadi bau, kemudian akan terjadi infeksi pada gusi yang dapat membuat giginya rontok.

 

Pin It on Pinterest

Share This