Jangan Ketinggalan:
Home : Artikel : Ras Kucing : Kucing Raas atau Kucing Madura atau Kucing Busok
Kucing Raas

Kucing Raas atau Kucing Madura atau Kucing Busok

Kucing Madura atau Kucing Raas atau Kucing Busok, mungkin terdengar asing di telinga kita. Namun ternyata kucing yang aslinya berasal dari Pulau Raas (Sebuah Pulau kecil di sebelah Timur Pulau Madura) ini disebut-sebut sebagai satu-satunya kucing ras asal Indonesia. Sayangnya belum ada informasi yang menunjukkan kalau jenis kucing ini sudah terdaftar/didaftarkan di sebuah Cat Registry.

Ras kucing ini merupakan ras kucing murni dan asli, tanpa tercampur gen dari ras kucing lainnya. Kucing ini termasuk kucing yang langka dan memiliki variasi genetik yang tinggi. Konon, meski kucing ini berbulu pendek, tetapi penampilannya terlihat berbeda dengan kucing kampung yang biasa berkeliaran di sekitar kita. Awal mula kelahiran kucing ras ini juga masih belum banyak diketahui. Kemungkinan besar ras kucing madura terbentuk secara alami.

Ciri Fisik

Kucing Raas

Kucing Raas

Hingga saat ini telah diketahui ada dua warna yang sering terdapat pada kucing Raas atau kucing Busok ini, warna pertama buso dan kedua kecubung. Buso sendiri adalah sebutan dari masyarakat setempat untuk warna abu-abu kebiruan polos (blue) seperti yang terdapat pada ras rusian blue atau british shorthair. Sedangkan warna kecubung sendiri  diberikan bagi kucing yang berwarna coklat mirip warna kucing burmese. Sayangnya, kucing dengan bulu warna kecubung memiliki bentuk wajah yang mirip dengan kucing kampung, dimana bentuk wajah kucing lebih oval. Sedangkan ciri fisik yang membedakan dengan kucing Indonesia lainya di bagian ekor. Dimana Kucing Busok memiliki ekor dengan panjang yang sedang, tetapi bengkok di ujungnya atau disebut kinky tail.

Mata Kucing Busok asal Pulau Raas ini  mempunyai warna mata hijau tua atau hijau gelap, tidak seperti Turkish Angora atau Korat yang mempunyai warna mata hijau terang. Mata tidak begitu lebar dan berbentuk oval. Sedangkan bulu Kucing Busok pendek, halus dan lembut. Bulu kucing ini berwarna abu-abu pada sebagian besar tubuhnya. Sementara bagian bawah tubuh, dada atau perut terdapat warna putih dengan batas yang tidak jelas.

Bentuk fisik kucing Raas mirip seperti macan tutul atau kucing hutan. Kucing Raas adalah kucing dengan penampilan yang anggun dengan bentuk badan lebih besar dibandingkan rata-rata kucing ras lainnya. Wajah kucing ini berbentuk sedikit persegi dengan dagu yang sedikit lancip. Telinganya panjang dan runcing.

Mitos

Raas adalah kucing yang dipercayai memiliki indra keenam dan hanya dapat dipelihara oleh orang-orang tertentu saja, seperti kyai, pejabat, dan tokoh masyarakat. Mitos lainnya mengenai kucing ini adalah, jika ras kucing ini dibawa pergi ke luar pulau menaiki perahu oleh orang yang belum menikah, maka perahu yang dinaikinya akan tenggelam.

Pin It on Pinterest

Share This