Jangan Ketinggalan:
Home : Artikel : Umum Tentang Kucing : 5 Makanan Manusia Yang Aman Bagi Kucing
5 Makanan Manusia Yang Aman Bagi Kucing

5 Makanan Manusia Yang Aman Bagi Kucing

Makanan manusia yang aman bagi kucing, hmm…, apa sajakah? Memiliki hewan peliharaan memang dianggap banyak orang cukup menguntungkan. Apalagi jika tinggal sendirian dan tak biasa atas kehadiran manusia, binatang bisa jadi teman yang sempurna.

Ada dua jenis binatang yang jadi favorit masyarakat dunia dan Indonesia yakni anjing serta kucing. Untuk opsi terakhir, di Indonesia bahkan sudah ada banyak sekali ras yang dipelihara dan begitu dibanggakan.

Dalam perkembangannya, ada banyak sekali pakan khusus kucing yang beredar di kalangan masyarakat. Tidak memiliki dana lebih untuk beli pakan instan? Tenang saja. Ada banyak makanan manusia yang aman bagi kucing.

Pilih Pakan Kucing Sesuai Nutrisi

Meskipun manusia dan kucing adalah spesies makhluk hidup berbeda, pada dasarnya ada beberapa makanan yang cukup aman dikonsumsi kedua belah pihak. Berikut lima di antaranya untuk jadi pertimbangan anda.

1. Ikan

Rasa-rasanya hampir setiap kucing di dunia ini menyukai ikan. Karena memang binatang yang tinggal di air ini memiliki kandungan protein tinggi sehingga bikin cepat kenyang. Mayoritas berbagai jenis ikan di dunia ini aman dikonsumsi si kaki empat. Namun ada satu jenis ikan yang tidak boleh terlalu banyak diberikan yakni tuna karena memiliki tingkat asam lemak tak jenuh ganda cukup tinggi. Kandungan ini bisa mengurangi asupan vitamin E yang dibutuhkan.

2. Daging

Sebagai karnivora sejati, kucing memang sangat butuh protein hewani yang mengandung berbagai asam amino spesial. Selain ikan, protein hewani tinggi juga didapatkan dari daging sapi, ayam, bebek hingga kelinci. Ada perbedaan pendapat mengenai pemberian daging di mana ada yang wajib direbus tanpa bumbu tapi ada juga yang diberikan mentah-mentah.

3. Telur

Protein hewani lainnya bisa diperoleh dari kuning telur baik mentah atau rebus yang penting higienis. Jangan pernah memberikan putih telur pada kucing karena ada senyawa di dalamnya yang mengurangi vitamin B. Kalau dibiarkan, kemampuan mengikat Biotin akan dicegah oleh Avidin sehingga perkembangan tubuhnya terganggu.

4. Sayuran

Meskipun hewan karnivora, kucing juga butuh serat bagi pencernaan yang bisa didapat dari tumbuhan serta sayuran. Hanya saja tak semua sayuran bisa diberikan di mana yang direkomendasikan adalah brokoli, labu air dan wortel. Pemberian sayuran inipun harus benar-benar matang tanpa bumbu dan bersih.

5. Buah

Ada beberapa buah yang cukup aman diberikan ke kucing asalkan dalam porsi sewajarnya seperti pisang dan melon. Meskipun begitu, hewan berbulu ini tak akan bisa merasakan manisnya karena mereka tak memiliki unsur gen pendeteksi manis.

Dari kelima ulasan yang ada, anda tentu bisa mempertimbangkan sendiri makanan seperti apa yang akan anda berikan. Siapapun tentu ingin memiliki kucing lucu sekaligus sehat. Jadi tetap berikan pakan sesuai nutrisi yang dibutuhkan supaya si manis makin menggemaskan.

Artikel lain yang berkaitan dengan pemberian makan kucing kesayangan kita: https://kucinggaul.com/cara-memberi-makan-kucing/.