Jangan Ketinggalan:
Home : Artikel : Umum Tentang Kucing : Kucing Hitam: Kepercayaan, Takhayul
Kucing Hitam

Kucing Hitam: Kepercayaan, Takhayul

Kucing Hitam: Kepercayaan, Takhayul

Hampir di semua belahan dunia ini, kucing dengan bulu berwarna hitam (selanjutnya akan disebut kucing hitam) sudah sejak lama menjadi momok dalam legenda atau cerita-cerita rakyat di berbagai benua. Sejak berabad-abad silam kucing hitam banyak diyakini sebagai penjelmaan penyihir atau media sihir tersebut. Tentunya jika malam hari ditambah dengan sorot mata kucing yang terlihat memantul menambah kesan seramnya. Bahkan hingga hari ini pun masih banyak anggapan sedemikian rupa.

Cerita Rakyat

Banyak cerita-cerita rakyat di belahan dunia ini yang berkaitan dengan kucing hitam ini. Misalnya, di Italia pada abad ke 16, ada kepercayaan jika seseorang sakit dan tiba-tiba ada kucing hitam berbaring di samping atau di atas tidurnya, maka tidak lama lagi ajal akan menjemputnya.

Saat ini, di beberapa negara Asia dan di Inggris, kucing hitam malah dianggap membawa keberuntungan. Tetapi tetap ada beberapa persyaratannya, seperti di Yorkshire, Inggris, memelihara kucing hitam dianggap akan membawa keberuntungan, tetapi jika ketika sedang berjalan kaki tiba-tiba di depan Anda, kucing hitam melintas memotong jalan Anda, nasib buruk bisa menimpa Anda. Berbanding terbalik jika Anda tinggal di Amerika Utara, hal tadi malah dianggap membawa keberuntungan.

Kucing Hitam dan Penyihir

Sebagian masyarakat di belahan dunia ini percaya bahwa kucing hitam menjadi pelaku kejahatan di abad pertengahan. Karena kucing aktif di malam hari dan berkeliaran di malam hari, mereka dianggap sebagai pembantu supranatural dari para penyihir, atau bahkan merupakan ujud gaib penyihir itu sendiri.

Ada juga keyakinan bahwa kucing hitam adalah penyihir yang menyamar, atau penyihir yang terlahir kembali. Yang lain percaya bahwa kucing hitam adalah keluarga dekat dari para penyihir.

Dari beberapa bagian sejarah yang berkaitan dengan legenda, mitos, cerita rakyat, selama beberapa abad di masa lalu, orang yang dianggap sebagai “Penyihir” dibunuh dengan cara diikat di sebuah tiang lalu dibakar, dan tidak hanya sang penyihir, biasanya keluarga dekatnya juga akan dibunuh bersama sang penyihir.

 

Kucing Hitam Terlihat Lebih Menyeramkan

Ilustrasi: memang terlihat lebih menyeramkan kalau kucing memiliki bulu berwarna hitam seluruhnya

 

Kepercayaan

Bagi Anda yang tidak mempercayai Takhayul mungkin akan tertawa membaca atau mendengar kisah-kisah seperti di atas, tetapi hingga saat ini banyak keyakinan tentang kucing berbulu hitam di berbagai negara di belahan dunia ini, antara lain:

  • Mimpi tentang kucing hitam adalah beruntung.
  • Melihat kucing hitam dalam mimpi Anda menunjukkan bahwa Anda mengalami ketakutan dalam menggunakan kemampuan psikis Anda dan percaya pada intuisi Anda.
  • Prosesi pemakaman yang tiba-tiba didatangi atau dilintasi oleh kucing hitam diyakini adalah ramalan tentang kematian pada anggota keluarga yang lain.
  • Menemukan rambut putih pada kucing yang berbulu hitam membawa keberuntungan.
  • Seekor kucing hitam yang entah dari mana tiba-tiba berada di teras rumah, diyakini membawa kemakmuran bagi pemiliknya.
  • Jika Anda melihat seekor kucing berbulu hitam dari belakang, itu adalah pertanda buruk. Jika kucing hitam berjalan ke arah Anda, itu membawa keberuntungan.
  • Jika kucing hitam melintasi / memotong / menyeberangi jalan Anda saat Anda mengemudi, putar balik ke belakang dan tandai “X” di kaca depan Anda untuk mencegah nasib buruk.

Terlepas dari cerita di atas, kucing dengan bulu berwarna hitam adalah tetap seekor kucing, sama seperti kucing-kucing yang memiliki bulu berwarna lain, mereka tetap memiliki sifat seekor kucing yang sering menghabiskan waktunya dengan tidur siang, memiliki sifat dasar sebagai pemburu tetapi tetap menjadi peliharaan yang menggemaskan dengan sikap manja yang suka mengelus-eluskan tubuhnya ke kaki kita. Dan sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai pemeliharanya memberikan yang terbaik untuk mereka.

Jika Anda merasa masih pemula untuk merawat kucing, jangan lupa untuk mengunjungi tautan ini.

Kucing Hitam: Kepercayaan, Takhayul Hampir di semua belahan dunia ini, kucing dengan bulu berwarna hitam (selanjutnya akan disebut kucing hitam) sudah sejak lama menjadi momok dalam legenda atau cerita-cerita rakyat di berbagai benua. Sejak berabad-abad silam kucing hitam banyak diyakini sebagai penjelmaan penyihir atau media sihir tersebut. Tentunya jika malam hari ditambah dengan sorot mata kucing yang terlihat memantul menambah kesan seramnya. Bahkan hingga hari ini pun masih banyak anggapan sedemikian rupa. Cerita Rakyat Banyak cerita-cerita rakyat di belahan dunia ini yang berkaitan dengan kucing hitam ini. Misalnya, di Italia pada abad ke 16, ada kepercayaan jika seseorang sakit dan…

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0