Kucing Bisa Memijat Loh

11 Agustus 2020 - 04:51
Kucing Bisa Memijat Loh

Memijat adalah perilaku umum yang terlihat pada kucing, terutama kucing-kucing lokal/domestik, di mana kucing mendorong keluar masuk dengan cakar depannya, bergantian antara kiri dan kanan.

Kucing sering melakukan gerakan ini (seperti gerakan manusia ketika menguleni adonan ketika membuat roti) pada permukaan yang lembut, termasuk bantal, selimut, hewan lain, dan bahkan manusia (terutama pemiliknya).

Tidak jelas mengapa kucing melakukan hal ini, tetapi beberapa hipotesa yang ada menyebutkan bahwa perilaku seperti ini biasanya terbawa dari masa kecil. Ketika kecil, anak-anak kucing secara naluri memijat-mijat area di sekitar puting susu induknya ketika sedang menyusu untuk memperlancar aliran ASI.

Di masa dewasa, seekor kucing konon akan melakukan gerakan menguleni ini ketika merasa senang atau puas karena ia mengaitkan gerakan tersebut dengan kenyamanan ketika masa kecil menyusu dari induknya.

Hipotesa lain mengatakan bahwa gerakan memijat/menguleni ini mengingatkan kembali ke masa sebelum kucing seperti saat ini, ketika kucing liar menepuk dedaunan untuk membuat permukaan yang lembut untuk tidur atau melahirkan. Perilaku tersebut sekarang mungkin merupakan bagian dari nalurinya untuk menetap.

Di sisi lain, gerakan ini juga mungkin hanya cara lain bagi kucing untuk mencium dan mengklaim suatu area, seperti yang kita ketahui bahwa kucing memiliki kelenjar bau di telapak kakinya. Dengan melakukan gerakan tersebut, sebagai hewan yang bersifat teritorial, kucing mengklaim bahwa ini adalah daerah kekuasaannya.

Artikel umum lainnya tentang kucing, bisa dilihat di sini.

 

1K | 0 | 7 | 0,00 / 0 | 0
Kirim ke teman Versi cetak Komentar
Penilaian Saya

 

Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya: