Penyakit Cacing Pada Kucing

Jenis, Gejala, dan Cara Mengobatinya

17 Februari 2023 - 15:36
Penyakit Cacing Pada Kucing

Penyakit cacing pada kucing, jenis, gejala dan cara mengobatinya

Cacing merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada kucing. Meskipun cacing bukanlah penyakit yang mematikan, namun jika dibiarkan, dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius pada kucing.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis-jenis cacing yang umum menyerang kucing, gejala yang timbul, dan cara mengobatinya.

Jenis-jenis cacing pada kucing

Ada beberapa jenis cacing yang umum menyerang kucing, diantaranya:

Cacing bulat (Toxocara cati)

Cacing bulat adalah jenis cacing yang umum menyerang kucing. Cacing bulat dapat menyebar melalui tinja kucing dan dapat hidup di tanah dan makanan yang terkontaminasi.

Gejala yang muncul pada kucing yang terinfeksi cacing bulat adalah diare, muntah, penurunan berat badan, bulu kusam, dan perut yang membuncit.

Cacing pita (Dipylidium caninum)

Cacing pita adalah jenis cacing yang hidup di dalam usus kucing dan dapat tumbuh hingga 50 cm. Cacing pita menyebar melalui kutu yang menyerang kucing.

Gejala yang muncul pada kucing yang terinfeksi cacing pita adalah gatal-gatal, muntah, diare, dan bulu kusam.

Cacing jantung (Dirofilaria immitis)

Cacing jantung merupakan jenis cacing yang hidup di jantung dan paru-paru kucing. Cacing ini menyebar melalui nyamuk yang menyerang kucing.

Gejala yang muncul pada kucing yang terinfeksi cacing jantung adalah batuk-batuk, napas yang pendek, dan kelelahan.

Gejala cacing pada kucing

Gejala cacing pada kucing dapat bervariasi tergantung jenis cacing yang menyerang.

Beberapa gejala umum yang muncul pada kucing yang terinfeksi cacing adalah:

  • Diare
  • Muntah
  • Penurunan berat badan
  • Bulu kusam
  • Perut yang membuncit
  • Gatal-gatal
  • Batuk-batuk
  • Napas yang pendek
  • Kelelahan

Cara mengobati cacing pada kucing

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati cacing pada kucing, diantaranya:

Pemberian obat cacing

Pemberian obat cacing merupakan cara yang paling umum dilakukan untuk mengobati kucing yang terinfeksi cacing. Obat cacing dapat diberikan dalam bentuk tablet atau cairan.

Namun, sebelum memberikan obat cacing, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu. Dokter hewan akan menentukan jenis obat cacing yang tepat untuk kucing Anda dan memberikan dosis yang sesuai.

Pembersihan lingkungan

Pembersihan lingkungan juga penting dilakukan untuk mencegah kucing terinfeksi cacing. Bersihkan kandang atau area yang sering dihuni kucing secara teratur, hindari memberikan makanan atau minuman yang terkontaminasi, dan pastikan kucing Anda tidak berinteraksi dengan hewan yang terinfeksi cacing.

Pemeriksaan berkala

Melakukan pemeriksaan berkala pada kucing juga penting dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi cacing. Lakukan pemeriksaan ke dokter hewan setiap 6 bulan sekali untuk memastikan kucing Anda dalam kondisi yang sehat dan terbebas dari cacing.

Pemberian vaksin

Pemberian vaksin juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi cacing pada kucing. Vaksinasi dapat membantu mencegah infeksi cacing jantung pada kucing.

Perubahan pola makan

Perubahan pola makan juga dapat membantu mencegah infeksi cacing pada kucing. Berikan makanan yang sehat dan bergizi pada kucing, hindari memberikan makanan mentah atau tidak matang, dan pastikan kucing Anda memiliki akses yang cukup ke air minum.

Penting untuk diingat bahwa cacing pada kucing dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika tidak diobati. Jika kucing Anda menunjukkan gejala cacing, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

 

 

 

 
Tag
1K | 2 | 2 | 0,00 / 0 | 0
Kirim ke teman Versi cetak Komentar
Penilaian Saya