Pentingnya Menjaga Kebersihan Kucing

Beberapa tips untuk menjaga kebersihan kucing Anda di rumah

21 Februari 2023 - 02:00
Pentingnya Menjaga Kebersihan Kucing

Pentingnya Menjaga Kebersihan Kucing

Pentingnya menjaga kebersihan kucing, khususnya si manis yang ada di rumah kita. Mereka bisa menjadi teman yang menyenangkan dan menggemaskan, tetapi mereka juga membutuhkan perawatan agar tetap sehat seperti kita.

Menjaga kebersihan kucing adalah bagian penting dari perawatan kesehatan kucing yang tidak bisa diabaikan atau dianggap remeh.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihan kucing kita, di antaranya:

Rutin Menyisir Bulu Kucing

Menyisir bulu kucing secara rutin sangat penting untuk menjaga kebersihan kucing. Selain itu, menyisir bulu kucing juga membantu untuk mengurangi masalah kulit dan menjaga bulu kucing tetap sehat.

Menyisir bulu kucing membantu menghilangkan kotoran, mencegah kusut, dan menyebarkan minyak alami ke seluruh bulu di tubuhnya. Ini berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu serta menghilangkan iritasi.

Kita dapat menggunakan sisr kucing yang cocok untuk jenis bulu kucing kita.

Membersihkan Kandang Atau Tempat Tidur Kucing

Pastikan untuk membersihkan kandang atau tempat tidur kucing secara teratur. Kita dapat membersihkan kandang kucing dengan air dan sabun, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

Jika kandang atau tempat tidur kucing terbuat dari bahan yang tidak dapat dicuci, gunakan semprotan pembersih khusus kucing yang bisa kita beli di pet shop langganan kita.

Kandang atau tempat tidur kucing yang kotor bisa menjadi tempat bakteri, kuman, atau jamur tumbuh dan menginfeksi kucing peliharaan tersayang.

Menjaga Kebersihan Litter Box

Litter box adalah tempat berisikan pasir kucing yang kita sediakan untuk si puss buang air, menjaga kebersihan litter box ini sangat penting.

Kita harus membersihkannya secara rutin setiap hari, menguras dan menyaring pasir kucingnya, cuci dengan menggunakan sabun dan air, bilas dan keringkan.

Jangan lupa untuk mengganti pasir kucingnya setidaknya seminggu sekali atau disesuaikan dengan kondisi pasir kucingnya, jika harus diganti sebelum waktu rutinnya, gantilah.

Disarankan untuk menggunakan sarung tangan ketika kita melakukan aktifitas ini.

Rutin Membersihkan Perangkat Makan Dan Minum Kucing

Perangkat makan dan minum kucing juga perlu dicuci secara teratur, bila memungkinkan, setiap malam. Sama seperti kita, setiap kita habis makan dan minum, semua perangkat makan dan minum pasti kita cuci.

Jangan biarkan sisa makanan atau minuman kucing mengendap dalam mangkuk atau wadah, karena dapat menjadi sarang bakteri.

Kita dapat mencuci perangkat makan dan minum kucing dengan sabun dan air, bilas dan keringkan.

Memotong Kuku Kucing Secara Rutin

Memotong kuku kucing secara rutin juga membantu menjaga kebersihan kucing. Kuku kucing yang panjang dapat menimbulkan masalah dan mengganggu aktivitas kucing.

Kuku yang panjang bisa menyebabkan cedera pada bantalan kaki kucing dan mengubah gaya berjalannya sehingga bisa memicu masalah sendi jangka panjang.

Selain itu dengan memotong kuku kucing, paling tidak meminimalkan risiko terluka serius ketika secara tidak sengaja tercakar oleh si manis.

Gunakan gunting kuku kucing yang tepat dan pastikan kita tidak memotong terlalu pendek hingga melukai kucing kita.

Membersihkan Telinga Kucing

Kita juga perlu membersihkan telinga kucing secara teratur dengan menggunakan kain lembab atau kapas.

Pastikan sebelum kita melakukan ini, si manis harus dalam keadaan santai, nyaman dan bisa diajak bekerja sama.

Jika kita belum pernah membersihkan telinga kucing, kita bisa bertanya kepada yang lebih berpengalaman atau pada dokter hewan langganan kita.

Dengan menjaga kebersihan kucing secara rutin, kita menjaga kesehatan, kesejahteraan dan kualitas hidup kucing peliharaan kita.

Selain itu, kita juga dapat memastikan bahwa rumah kita tetap bersih dan bebas dari kuman atau bakteri yang dapat membahayakan kesehatan kita dan kucing kita.

 

Tag
865 | 2 | 3 | 0,00 / 0 | 0
Kirim ke teman Versi cetak Komentar
Penilaian Saya
Artikel Selanjutnya: