Jangan Ketinggalan:
Home : Artikel : Umum Tentang Kucing : Cara Membuat Kucing Peliharaan Bahagia Di Dalam Rumah
Cara Membuat Kucing Peliharaan Bahagia Di Dalam Rumah

Cara Membuat Kucing Peliharaan Bahagia Di Dalam Rumah

Biarkan Menggaruk / Mencakar

Bagi pemelihara kucing rumahan, mungkin ada perabot rumah yang memiliki bekas garukan / cakaran hewan peliharaannya. Mencakar adalah perilaku alami kucing. Selain sebagai bentuk penandaan wilayah / teritori, mencakar membantu mereka untuk menjaga bentuk kuku-kuku jari mereka dan juga peregangan otot-otot tubuh mereka, perhatikan bentuk tubuh mereka ketika sedang melakukannya.

Bantu mereka dengan menyediakan media untuk melakukan kebiasaan ini agar perabotan rumah Anda terhindar dari tanda garukan / cakaran mereka. Beberapa kucing menyukai permukaan yang berbentuk vertikal, beberapa lainnya menyukai permukaan yang horisontal.

Keset sabut kelapa merupakan salah satu media yang baik bagi mereka melakukan aktifitas ini. Bereksperimenlah dengan memberikan media-media lainnya seperti kardus-kardus padat, tetapi bersiaplah untuk membersihkan serpihan-serpihannya.

Biarkan Menggaruk / Mencakar

Salurkan Hasrat Berburunya

Kucing adalah predator, mereka adalah pemburu dan pemangsa. Di luaran sana mereka harus berburu untuk mendapatkan makanannya. Berbeda dengan kucing rumahan yang dengan mudahnya mendapatkan asupan di atas wadah yang sudah disiapkan oleh pemiliknya.

Naluri berburu kucing ini tidak hilang, sesekali upayakan mereka bisa mendapatkan hasrat ini di dalam rumah dengan cara sedemikian rupa sehingga mereka harus mengejar makanan mereka layaknya mangsa yang sedang diburunya. Di sini diperlukan komitmen dari si pemilik kucing itu sendiri untuk meluangkan waktu seperti mengikat makanannya ke seutas tali yang dikaitkan dengan tongkat untuk memancing agar si kucing merasa makanan tersebut adalah buruannya.

Dengan menyalurkan hasrat berburu mereka Anda sudah membantu mengalirkan energinya secara positif.

Salurkan Hasrat Berburu

Biarkan Memanjat Dan Bertengger

Memanjat dan Bertengger merupakan hal yang biasa dilakukan oleh kucing di luar rumah. Jika kita perhatikan perilaku kucing-kucing di luar rumah, cukup sering kita melihat mereka berlarian lalu tiba-tiba memanjat pohon atau pagar, bertengger duduk di tempat agak tinggi sambil mengawasi lingkungan sekitarnya.

Ada baiknya kita bisa mereplika keadaan ini di rumah kita ketika kita memelihara kucing. Berikan media kepada kucing peliharaan kita agar mereka bisa memanjat dan bertengger di tempat yang agak tinggi, karena memang itulah kebiasaan mereka sebagai hewan. Saat ini banyak media-media seperti pohon kucing atau media lainnya yang dibuat agar bisa dibuat panjatan oleh kucing bisa dibeli di pet shop.

Biarkan memanjat dan bertengger

Cara Membuat Kucing Peliharaan Bahagia Di Dalam Rumah Bagaimana cara membuat kucing peliharaan bahagia di dalam rumah? Pertanyaan umum yang sering kali ditanyakan oleh pemilik kucing peliharaan di dalam rumah. Sudah lama ada anggapan bahwa kucing akan lebih bahagia jika mereka hidup di luar rumah, hal ini tentunya merupakan anggapan yang bertolak belakang dengan kucing-kucing rumahan (yang sengaja dipelihara sebagai hewan peliharaan), saat ini, kucing rumahan mendapatkan kenyamanan yang lebih dibandingkan dengan kucing-kucing yang hidup di luar rumah. Kucing rumahan saat ini bahkan memiliki rentang umur yang lebih panjang karena mereka memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk tertabrak kendaraan bermotor…

Review Overview

User Rating: 4.7 ( 1 votes)
0