Kucing Tidak Mau Makan

08 Agustus 2020 - 04:18
Kucing Tidak Mau Makan

Kucing tidak mau makan atau kucing tidak nafsu makan bisa membuat kita khawatir, karena kucing kita bisa lemas dan terserang penyakit. Kucing yang tidak makan satu hari saja bisa mempengaruhi sistem pencernaan kucing, sehingga dapat merubah metabolisme tubuh kucing yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan organ hati yang disebut penyakit Hepatic Lipidosis pada kucing. Apabila kucing tidak mau makan lebih dari dua hari sebaiknya segera konsultasikan ke dokter hewan.

Sangat penting untuk mengetahui penyebab kucing tidak mau makan, sehingga kita bisa segera cari cara mengatasi kucing tidak mau makan. Ada dua hal penyebab kucing yang tidak mau makan, yaitu karena kucing sedang sakit atau ada masalah pada pencernaan kucing yang menyebabkan kucing enggan makan.

Penyebab lainnya yaitu karena perubahan pola makan kucing yang disebabkan beberapa faktor yang akan dijelaskan di bawah.

Beberapa Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Penyakit mulut pada kucing

Salah satu penyebab kucing tidak mau makan adalah adanya masalah pada mulut kucing bisa karena sakit gigi, sariawan, gusi bengkak, gusi berdarah atau terdapat luka pada gusi dan rongga mulut bagian dalam, masalah pada mulut kucing tersebut menyebabkan kucing tidak mau makan karena merasa sakit pada saat makan.

Ada masalah pada sistem pencernaan kucing

Kucing yang mempunyai masalah pada sistem pencernaannya dapat menyebabkan kucing enggan makan karena mual ataupun merasa sakit, Ada beberapa hal yang menyebabkan gangguan saluran pencernaan pada kucing, diantaranya:

    1. Terdapat Benda asing di perut atau usus kucing yang bisa menyebabkan nyeri dan penyumbatan
    2. Parasit seperti cacing dan protozoa
    3. Radang akut atau kronis pada membran yang melapisi usus besar
    4. Pankreatitis (peradangan atau infeksi pankreas)
    5. Perubahan lingkungan bakteri usus
    6. Kanker (misalnya limfoma usus)

Ciri ciri kucing yang terdapat gangguan pencernaan adalah penurunan berat badan, diare, muntah, dan sembelit, apabila kucing terdapat ciri ciri kucing sakit seperti itu sebaiknya segera hubungi dokter hewan untuk dilakukan diagnosa penyakit, karena hanya dokter hewan yang dapat mendiagnosa masalah saluran pencernaan kucing.

Kemungkinan Penyebab Kucing Tidak Mau Makan Lainnya

Kucing tidak mau makan atau tiba-tiba kucing tidak nafsu makan bisa disebabkan karena perubahan pola makan dan beberapa faktor di bawah ini:

  1. Mengganti makanan, atau ganti produk makanan baru
  2. Bosan dengan jenis makanan yang sering diberikan
  3. Perubahan jadwal makan
  4. Kucing baru di vaksinasi
  5. Habis bepergian atau berpindah tempat
  6. Depresi atau galau

Kucing tidak mau makan karena sebab diatas biasanya hanya 1 – 2 hari saja, selanjutnya kucing akan normal kembali nafsu makannya. Namun jika berlangsung selama lebih dari dua hari, maka harus segera menghubungi dokter hewan untuk diagnosa lebih lanjut.

Beberapa Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

  • Mencoba menggganti makanan kucing
    Coba ganti makanan dengan makanan basah atau wet food yang terbuat dari ikan yang beraroma kuat, bila perlu coba dicampurkan dengan dry food atau makan kering. Dan bisa juga dengan mengganti makanan kering dengan produk merk lain.
  • Beri vitamin & perangsang nafsu makan
    Suplemen & vitamin dapat membantu merangsang nafsu makan kucing, berikan vitamin B kompleks atau lysin, bisa juga menggunakan produk merk Nutri Plus Gel.
  • Memancing nafsu makan kucing
    Dengan menyodorkan makanan ke hidungnya atau dengan memasukkan sedikit makanan ke dalam mulutnya apabila kucing tetap menolak coba dengan cara selanjutnya dibawah ini.
  • Menyuapi kucing atau dicekoki makanan
    Menyuapi kucing bisa menggunakan sendok kecil, bisa juga dengan suntikan tanpa jarum, istilahnya di sepet. Suapi kucing dengan hati-hati, pegang kepala atau telinga kucing, lalu masukkan ujung suntikan yang berisi makanan cair dari ujung samping mulut atau dari mulut samping, tekan pelan-pelan agar kucing bisa mengunyah dan menelan makanan dengan perlahan. Jangan disemprotkan kedalam mulut kucing karena bisa menyebabkan kucing tersedak.
  • Tube feeding
    Tube feeding adalah pemberian makan langsung ke dalam perut melalui selang. Cara ini merupakan cara terakhir mengatasi kucing tidak mau makan, apabila cara cara diatas sudah tidak bisa dilakukan, tube feeding biasanya dilakukan oleh dokter hewan pada kucing yang tidak mau makan karena tidak dapat mengunyah dan menelan makanan sedikit pun karena sakit. Tube feeding ini  juga sering dilakukan pada anak kucing yang tidak disusui induknya dan tidak dapat menyedot susu dari dot.

Segera cari tahu penyebab kucing tidak mau makan, apakah gejala suatu penyakit atau hanya enggan makan saja. mudah mudahan informasi kucing tidak mau makan dapat bermanfaat bagi cat lovers.

Sumber : http://www.tazesirucats.com/all-about-cat/kesehatan-kucing/kucing-tidak-mau-makan-penyebab-dan-cara-mengatasinya/

Baca artikel mengenai perawatan kucing lainnya di sini.

 

236 | 0 | 2 | 0,00 / 0 | 0
Kirim ke teman Cetak Komentar
Penilaian Saya:
Artikel Selanjutnya: